Google sekarang punya cara terbaru meningkatkan keamanan akun

 



Jika seseorang meretas akun Anda, dan anda mendapatkan notif email mungkin sudah tidak bermanfaat lagi, karena pada saat Anda membacanya, akun anda mungkin sudah di retas.

Untuk mengatasi masalah ini, Google meluncurkan sebuah notif peringatan keamanan dalam aplikasi untuk masalah yang rumit dengan akun Google anda.

BACA JUGA : Hadirnya Google Workspace




Ketika Google mendeteksi masalah keamanan dengan akun Anda, jika seseorang masuk dari perangkat yang tidak dikenal ke akun anda, Google akan menampilkan peringatan di aplikasi yang sedang Anda gunakan, seperti Gmail. Anda akan melihat tanda "!" Merah di sebelah gambar profil Anda di sudut kanan atas, dan saat Anda mengekliknya, Anda akan mendapat notif peringatan tentang masalah keamanan akun dan prompt untuk mengatasinya.

Tim Google mengatakan hal terbaik dari sistem ini tentang notif akun yang masuk dari perngkat tidak di kenal ke akun anda ini adalah bahwa sistem ini tahan terhadap spoofing, yang berarti Anda dapat memastikannya berasal dari Google dan tidak seperti email, yang dapat dengan mudah dipalsukan.

Google mengatakan pertama kali mulai memberi tahu para penggunanya tentang masalah keamanan dengan peringatan Android pada tahun 2015, yang menghasilkan peningkatan dua puluh kali lipat dalam jumlah orang yang terlibat dengan pemberitahuan ini dalam waktu satu jam, dibandingkan pemberitahuan dari email.

Dan Google mengatakan akan mulai meluncurkan lansiran baru untuk sejumlah pengguna terbatas "dalam beberapa minggu mendatang," dan memperluasnya secara lebih luas "awal tahun depan".

Dalam berita terkait keamanan produk lainnya, Google meluncurkan mode Tamu untuk Asisten Google. Setelah Anda mengaktifkannya (dengan perintah suara), interaksi anda dengan Asisten tidak akan disimpan ke akun Anda, hingga Anda menonaktifkan mode Tamu itu sendiri. Fitur baru ini menurut Tim Google akan tersedia "dalam beberapa minggu mendatang".

Google juga mengatakan bahwa pengguna akan "secepatnya" dapat mengedit data riwayat lokasi mereka di Linimasa secara manual, seperti menambahkan atau mengedit tempat yang telah mereka kunjungi. Pengguna juga sekarang dapat melihat keamanan pribadi dan pengaturan privasi hanya dengan mengetik hal-hal seperti "Apakah Akun Google saya aman?" ke Google Penelusuran.

Post a Comment

Previous Post Next Post